6. Gaya Gesek

iDevice icon Manfaat
Bacalah
Gaya gesekan adalah gaya yang terjadi jika dua buah benda bersinggungan. Orang dapat berjalan di atas lantai tanpa tergelincir karena adanya gaya gesek yaitu gesekan antara telapak kaki dengan lantai. Mobil berhenti karena direm. Rem mobil adalah gaya gesekan antara roda dengan kampas rem.
Gesekan antara kaki dengan lantai, ban dengan jalan, ban mobil dengan rem, batu meteor dengan atmosfer merupakan contoh gaya gesekan yang menguntungkan. Sedangkan gesekan antar gigi-gigi roda adalah gesekan yang merugikan.
Cobalah
Gaya gesekan adalah gaya karena dua benda. Gaya gesekan yang menguntungkan misalnya adalah gesekan dengan lantai, dengan jalan, dengan atmosfer. Gaya gesekan yang merugikan misalnya gesekan dengan yang menyebabkan aus.
  

iDevice icon Jenis Gaya Gesek
Bacalah
Pada gambar di samping, sebuah balok ditarik dengan gaya F ke kanan ternyata tidak bergerak. Hal ini dapat terjadi jika ada gaya lain yang melawan F. Gaya yang melawan ini besarnya sama F dan arahnya ke kiri yang menyebabkan resultan gaya pada balok adalah nol.
Gaya yang melawan ini disebut gaya gesek statis. Besarnya gaya gesek statis sama besar dengan gaya tarik pada benda.
Apabila gaya tarik F diperbesar maka balok akan bergerak. Pada saat bergerak gaya gesekan balok dengan lantai disebut dengan gaya gesekan kinetis. Dari pengukuran ternyata gaya gesekan kinetis lebih kecil dari gaya gesekan statis maksimum
Cobalah
Gaya gesek dibedakan menjadi gaya gesekan dan . Gaya gesekan statis adalah gaya gesekan antara dengan lantai pada saat benda . Besar gaya gesekan statis sama dengan dengan gaya nya tetapi nya berlawanan. Sedangkan gaya gesekan kinetis adalah gesekan antara dengan lantai pada saat benda .
  

iDevice icon Besar Gaya
Bacalah
Besar gayagesek dinyatakan dengan grafik di samping. Pada saat benda ditarik dengan gaya yang semakin membesar maka gaya gesekan statis akan membesar sampai maksimum.
Apabila gaya tarik diperbesar lagi, maka benda bergerak dan gaya gesekan kinetisnya tetap.
Gaya gesekan kineis lebih kecil dari gaya gesekan statis maksimum.
Dari percobaan diketahui bahwa besarnya gaya gesekan sebanding dengan gaya tekan normal.
fges ~ N
Dengan konstanta pembanding = μ
Sehingga dirumuskan
 
fges = μ N
 
Konstanta μ disebut dengan koefisien gesekan. Besarnya koefisien gesekan tergantung tergantung dari kehalusan permukaan bidang yang bersentuhan, tidak tergantung luas permukaan. Semakin halus permukaan akan menimbulkan gaya gesekan yang semakin kecil.
Cobalah
Gaya gesekan statis adalah gaya gesekan antara benda dengan lantai saat benda masih . Besar gaya gesekan statis sama dengan nya tetapi nya . Gaya gesekan kinetis adalah gaya gesekan pada saat benda . Besar gaya gesekan kinetis dari gesekan statis . Besar koefisien gesekan adalah ditentukan oleh benda yang bersinggungan. Apabila permukaan licin maka gaya gesekan sama dengan .