3. Mengukur Waktu

iDevice icon Besaran Waktu
Bacalah

Waktu didefinisikan sebagai jarak dua buah peristiwa (kejadian). Apabila periswa yang diukur terjadi secara berulang ulang (berupa siklus) maka waktunya disebut dengan periode. Pengukuran waktu secara teliti banyak digunakan dalam lomba kecepatan seperti lari, balap motor dll. Dalam laboratorium, pengukuran waktu digunakan untuk mengetahui lama benda bergerak, lama suatu pemanasan air, ataupun besar periode ayunan.

 

Satuan waktu adalah detik yaitu 9 192 631 770 kali periode transisi Cs133 tertentu. Alat ukur waktu yang banyak digunakan orang adalah arloji / jam dan stop watch. Jam mempunyai ketelitian sampai 1 sekon, sedangkan stop watch mempunyai ketelitian 1/10 sekon.

Pada stop watch, tombol start digunakan untuk memulai mengukur. Tombol stop digunakan untuk menghentikan pengukuran. Sedangkan tombol reset digunakan untuk mengembalikan jarum penujuk ke angka nol.

 

Contoh

Sebuah ayunan dalam waktu 30 sekon melakukan ayunan sebanyak 40 kali. Tentukanlah periode ayunan tersebut?

Jawab:

Periode = 30 s: 40 = 0,75 s

 

Cobalah

Besaran waktu menyatakan jarak antara . Waktu untuk peristiwa yang berulang-ulang disebut . Satuan waktu adalah atau sekon. Alat ukur waktu adalah jam dan . Stop watch memiliki ketelitian sekon. Apabila dalam waktu 20 sekon sebuah benda berayun sebanyak 50 kali maka periodenya adalah s.

  

IDevice Icon Berikutnya
Ujilah dengan klik di sini