2. Mengukur Massa

iDevice icon Massa
Bacalah
Masa adalah besaran yang menyatakan banyaknya zat. Massa bersifat tetap tidak tergantung besaran lain seperti suhu, tempat dan waktu. Satuan massa adalah kg (kilogram). Satu kilogram adalah sama dengan massa satu liter air murni pada suhu 40C.
Pengukuran massa dalam fisika meliputi ukuran yang sangat kecil sampai ukuran yang sangat besar. Massa elektro 9,1 10-31 kg sampai massa matahari 1,9 1030 kg. Dalam kehidupan sehari-hari pengukuran massa merupakan kegiatan yang sangat penting, khususnya dalam hal jual beli. Perhatikanlah bagaimana penjual beras, penjual emas melakukan jual beli.
Gambar di atas adalah gambar neraca ohaus dengan 4 lengan. Contoh skala hasil pengukuran dengan neraca ohauss ini ditunjukkan dengan gambar di sebalah kanan. Hasil pengukuran itu adalah 100+30+8+0,57 =138,57 gr.

Terdapat banyak jenis neraca yang dapat digunakan untuk mengukur massa. Diantaranya adalah neraca sama lengan ( neraca langkan) neraca ohaus dan timbangan. Neraca sama lengan memiliki ketelitian 0,001 gram, neraca Ohaus memiliki ketelitian 0,01 gram, sedangkan timbangan memiliki ketelitian 1 ons.

Cobalah
Massa adalah besaran yang menyatakan banyak . Apabila suhu suatu benda di naikkan maka massa benda akan . Satuan massa adalah , yaitu 1 kg= 1 liter air murni pada suhu 0C. Alat untuk mengukur massa disebut . Ketelitian neraca ohaus adalah gram. Hasil pengukuran dengan neraca ohaus di bawah ini adalah gram.


  

IDevice Icon Berikutnya
Mengukur Waktu (klik di sini)